Pengaruh Akses Internet, Upah Minimum, Pendidikan, dan Akses Kredit Terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi-Provinsi Indonesia

Authors

  • Ega Prima Putri Universitas Negeri Padang
  • Sri Ulfa Sentosa Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Padang

Keywords:

Internet Access, Minimum Wage, Education, Accsess to Credit, Poverty

Abstract

Pembangunan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh setiap negara, khususnya dalam rangka pembangunan ekonomi yang bertujuan untuk mencapai kesejahteraan sosial atau kemakmuran bagi seluruh masyarakat. Salah satu tujuan pembangunan nasional Indonesia adalah mengurangi tingkat kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Akses Internet, Upah Minimum, Pendidikan, dan Akses Kredit terhadap Kemiskinan di Provinsi-Provinsi Indonesia. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder dengan menggunakan data panel yang merupakan gabungan dari data Time series 2015 sampai dengan tahun 2023 dan data Cross section 34 Provinsi di Indonesia. Sumber data yang digunakan diperoleh dari publikasi Badan Pusat Statistik (BPS). Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel. Berdasarkan hasil analisis regresi data panel dengan menggunakan model terpilih adalah Fixed Effect Model (FEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Akses Internet, Upah Minimum, Pendidikan, dan Akses Kredit berpengaruh terhadap Kemiskinan di Provinsi-Provinsi Indonesia. Secara parsial Akses Internet, Pendidikan, dan Akses Kredit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kemiskinan di Provinsi-Provinsi Indonesia. Sedangkan, Upah Minimum berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kemiskinan di Provinsi-Provinsi Indonesia.

 

Downloads

Published

2025-03-11

How to Cite

Prima Putri, E., & Ulfa Sentosa, S. (2025). Pengaruh Akses Internet, Upah Minimum, Pendidikan, dan Akses Kredit Terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi-Provinsi Indonesia. Media Riset Ekonomi Pembangunan (MedREP), 2(1). Retrieved from https://medrep.ppj.unp.ac.id/index.php/MedREP/article/view/181