Author Guidelines

Penulis mengirimkan naskahnya dengan cara online submission melalui https://medrep.ppj.unp.ac.id/index.php/MedREP/about/submissions Jika Penulis mengalami kesulitan dalam  proses pengiriman naskah secara online (daring), naskah dapat juga dikirimkan melalui E-mail ke  medrep@feb.unp.ac.id

Format naskah

  1. Naskah dibuat menggunakan Microsoft Office Word. Seluruh bagian dalam naskah diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, spasi 1,5, ukuran kertas A4, dan marjin 2,5 cm untuk semua sisi serta  jumlah halaman 8 - 10, tidak termasuk daftar pustaka, tabel, dan gambar. Tabel dan gambar diletakkan  pada bagian akhir naskah.
  2. Untuk kepentingan penyuntingan naskah, seluruh bagian naskah (termasuk tabel, gambar dan persamaan matematika) dibuat dalam format yang dapat disunting oleh editor. Editor dapat meminta data yang  digunakan dalam gambar, tabel dan pengolahan data untuk keperluan penyuntingan dan konfirmasi hasil 

Gaya Penulisan Umum.

  1. Naskah untuk Jurnal MedREP dapat berupa hasil pemikiran maupun hasil studi/penelitian. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan gaya naratif. Pembabakan dibuat sederhana sedapat mungkin  menghindari pembabakan bertingkat. 
  2. Tabel dan gambar harus mencantumkan sumber.
  3. Tabel, gambar, dan persamaan matematika diberi nomor secara berurut sesuai dengan kemunculannya.
  4. Semua kutipan dan referensi dalam naskah harus tercantum dalam daftar pustaka dan sebaliknya, sumber bacaan yang tercantum dalam daftar pustaka harus ada dalam naskah.
  5. Bagian Metode dan Hasil dan Analisis bersifat opsional untuk tulisan berbentuk hasil pemikiran.

Urutan Naskah

  1. Judul,
  2. Nama dan Alamat Lengkap Penulis,
  3. Alamat Korespondensi,
  4. Abstrak,
  5. Kata Kunci,
  6. Pendahuluan,
  7. Tinjauan Literatur,
  8. Metode Penelitian
  9. Hasil dan Pembahasan,
  10. Simpulan
  11. Daftar Rujukan
  12. Lampiran

Petunjuk untuk Setiap Bagian Naskah

  1. Judul. Judul tidak melebihi 15 kata dalam bahasa Indonesia.
  2. Data Penulis. Berisi nama lengkap semua penulis tanpa gelar, lembaga afiliasi penulis dan alamatnya (termasuk kode pos) serta alamat salah seorang penulis untuk korenspondensi (telepon, faksimili dan  email).
  3. Abstrak. Ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, maksimum 200 kata untuk masing-masing abstrak dan berisikan 3 hal yaitu topik yang dibahas, metodologi yang dipergunakan, dan hasil atau  pembuktian yang didapatkan.
  4. Kata Kunci. Ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris masing-masing maksimum 5 subjek. Kata kunci berisi kata atau frasa yang sering dipergunakan dalam naskah dan dianggap mewakili dan/atau  terkait dengan topik yang dibahas.
  5. Pendahuluan. Pendahuluan paling tidak memuat latar belakang dan tujuan dari studi/penelitian, studi sebelumnya yang relevan, permasalahan ataupun hipotesis yang akan diuji dalam tulisan tersebut, uraian  singkat mengenai metode atau alat analisis yang dipilih, narasi singkat dari hasil yang didapatkan jika tulisan adalah hasil pengujian empiris atau preposisi jika tulisan yang dibuat bersifat hasil pemikiran.
  6. Tinjauan Literatur. Bagian ini menguraikan landasan konseptual dari tulisan dan berisi alasan teoretis mengapa pertanyaan studi/penelitian dalam artikel diajukan. Di samping itu penulis dapat mengutip studi  yang relevan sebelumnya untuk melengkapi justifikasi mengenai keunikan kontribusi dari naskah.
  7. Metode Penelitian. Bagian ini berisi informasi teoretis dan teknis yang cukup memadai untuk pembaca dapat mereproduksi studi/penelitian dengan baik termasuk di dalamnya uraian mengenai jenis dan sumber  Dalam hal keperluan verifikasi hasil, editor dan mitra bebestari (reviewer) berhak meminta data  mentah (raw data) yang digunakan penulis.
  8. Hasil dan Pembahasan. Tuliskan hasil yang didapat berdasarkan metode yang digunakan disertai analisis ekonomi yang sesuai. Dapat disajikan berupa tabel, gambar dengan disertai uraian analitis yang  mengangkat poin-poin penting berdasarkan konsepsi teoretis yang telah dibangun.
  9. Simpulan. Bagian ini memuat kesimpulan dari hasil dan analisis hasil dan implikasinya secara akademis dan kebijakan jika ada. Bagian ini juga memuat keterbatasan studi dan kemungkinan studi/penelitian  lanjutan yang dapat dilakukan.
  10. Daftar Rujukan. Daftar pustaka disusun dengan urutan abjad dengan format APA 6th Edition (American Psychological Association).