Analisis Pengaruh Remitansi Terhadap Nilai Tukar Rupiah

Authors

  • Mei Wulanda Putrie Universitas Negeri Padang
  • Doni Satria Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Padang
  • Dwi Rani Puspa Artha Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Padang

Keywords:

Nilai Tukar Rupiah, Remitansi, Jumlah Uang beredar, FDI , Investasi Portofolio, keterbukaan Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh remitansi terhadap nilai tukar rupiah dengan sudah mempertimbangkan variabel kontrol yang juga mempengaruhi nilai tukar rupiah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series berupa data kuartalan dari tahun 1993Q1-2022Q4. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model ECM (Error Correction Model). Penelitian menunjukkan bahwa variabel remitansi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai tukar rupiah dalam jangka Panjang, sedangkan dalam jangka pendek variabel remitansi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai tukar rupiah.

 

Kata kunci : Nilai Tukar Rupiah, Remitansi, Jumlah Uang beredar, FDI (Foreign Direct Invesment), Investasi Portofolio, dan Keterbukaan Ekonomi.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Putrie, M. W., Satria, D., & Artha, D. R. P. (2024). Analisis Pengaruh Remitansi Terhadap Nilai Tukar Rupiah. Media Riset Ekonomi Pembangunan (MedREP), 1(2), 101–108. Retrieved from https://medrep.ppj.unp.ac.id/index.php/MedREP/article/view/14